Desa Belo News

Seperti kita ketahui pada awal September lalu, BBM jenis pertalite mengalami kenaikan yang sangat fantastis yaitu dari Rp. 6.750.-/liter menjadi Rp. 10.000,-/liter. Tak terkecuali solar dan pertamax juga menjadi BBM yang melejit harganya. Pemerintah sendiri melalui pak presiden sudah menegaskan bahwa subsidi yang meningkat hingga 3 kali lipat membuat kondisi akan sangat berat jika BBM tidak dinaikkan.

“Saya sebetulnya ingin harga BBM dalam negeri tetap terjangkau dengan memberikan subsidi dari APBN tetapi anggaran subsidi dan kompensasi tahun 2022 telah meningkat 3 kali lipat,” terang Jokowi dalam Konferensi Persnya di Istana Negara, Sabtu (3/9/2022).

Sebagai bentuk pengalihan subsidi BBM, pemerintah memberikan bantuan langsung tunai (BLT) BBM kepada masyarakat miskin atau rentan miskin senilai Rp. 150.000,-/orang/bulan yang langsung dicairkan selama 2 bulan. Selain BLT BBM, warga juga mendapatkan program sembako September senilai Rp. 200.000,-. “Jadi total yang diterima yaitu Rp. 500.000,-/orang (BLT BBM Agustus&September Rp. 300.000,- + program sembako September Rp. 200.000,-)” jelas Wahyu Asharie (kades Belo) yang di temui di kantornya.

Penyaluran BLT BBM dan program sembako di Desa Belo dilakukan oleh petugas PT. Pos Indonesia cabang Watampone yang dibantu oleh aparat pemerintah desa Belo kepada 187 orang keluarga penerima manfaat. Bertempat di balai kemasyarakatan desa, Selasa (13/9/2022).

Kegiatan penyaluran berlangsung dengan tertib sejak jam 8 pagi sampai jam 11 siang walaupun jumlah penerima cukup banyak. Kegiatan itu sendiri dipandu oleh sekretaris desa Belo (Hermawati Kissor) yang didampingi oleh kepala seksi pelayanan (A.Lilis Suganda) bersama staff dan diawasi langsung oleh kepala desa Belo (Wahyu Asharie.A,S.IP), babinsa (A.Vickram M.), dan bhabinkamtibmas (Aksan). Turut hadir sekcam Ganra (A.Ma’sum,S.STP) bersama staff dan satpol pp kecamatan Ganra.

Bantuan itu diberikan untuk meredam dampak kenaikan harga BBM subsidi, pertalite dan solar, sejak Sabtu (3/9/2022).

Writer : Idin (admin)

Lampiran Foto: